Gejala yang mungkin terjadi terhadap nyeri pinggul








Nyeri Pinggul
Baik pria maupun wanita bisa mendapatkan rasa sakit di bagian tubuh ini. Nyeri panggul dapat menandakan masalah pada saluran kemih, organ reproduksi, atau saluran pencernaan Anda.

Beberapa penyebab nyeri panggul
termasuk kram menstruasi pada wanita - adalah normal dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Yang lain cukup serius untuk memerlukan kunjungan dokter atau rumah sakit.

Menurut Artria Anda harus Periksa gejala Anda untuk membantu mencari tahu apa yang menyebabkan nyeri panggul Anda.
Kemudian temui dokter Anda untuk diagnosis apa yang Anda alami

1. Infeksi saluran kemih (ISK)
ISK adalah infeksi bakteri di suatu tempat di saluran kemih Anda. Ini termasuk uretra, kandung kemih, ureter, dan ginjal Anda. ISK sangat umum, terutama pada wanita. Sekitar 40 hingga 60 persen wanita akan mengalami ISK seumur hidup, sering kali di kandung kemih mereka.

Anda biasanya akan mengalami nyeri panggul dengan ISK. Rasa sakit biasanya di tengah panggul dan di daerah sekitar tulang kemaluan.

Gejala lain termasuk:

kebutuhan mendesak untuk buang air kecil
terbakar atau sakit saat buang air kecil
urin keruh, berdarah, atau berbau kuat
sakit samping dan punggung (jika infeksi ada di ginjal Anda)
demam
2. Infeksi Menular Seksual (IMS)
Gonore dan klamidia adalah infeksi bakteri yang ditularkan melalui aktivitas seksual. Sekitar 820.000 orang terinfeksi gonore setiap tahun. Chlamydia menginfeksi hampir 3 juta orang. Sebagian besar kasus IMS ini menyerang orang berusia 15 hingga 24 tahun.

Dalam banyak kasus, gonore dan klamidia tidak akan menyebabkan gejala. Wanita mungkin mengalami nyeri pada panggul mereka - terutama ketika mereka buang air kecil atau buang air besar. Pada pria, rasa sakit bisa di testis.

Gejala lain dari gonore meliputi:

keputihan abnormal (pada wanita)
perdarahan di antara periode (pada wanita)
debit, rasa sakit, atau perdarahan dari rektum
Gejala klamidia lainnya meliputi:

keluar dari vagina atau penis
nanah di urin
buang air kecil lebih sering dari biasanya
rasa sakit atau terbakar saat Anda buang air kecil
rasa sakit saat berhubungan seks
kelembutan dan pembengkakan testis (pada pria)
debit, rasa sakit, atau perdarahan dari rektum

3. Hernia
Sebuah hernia terjadi ketika suatu organ atau jaringan mendorong melalui titik lemah pada otot perut, dada, atau paha. Ini menciptakan tonjolan yang menyakitkan atau pegal. Anda harus bisa mendorong tonjolan kembali, atau itu akan hilang ketika Anda berbaring.

Nyeri hernia semakin memburuk saat Anda batuk, tertawa, membungkuk, atau mengangkat sesuatu.

Gejala lain termasuk:

perasaan berat di area tonjolan
kelemahan atau tekanan di daerah hernia
rasa sakit dan bengkak di sekitar testis (pada pria)
4. Radang usus buntu
Apendiks adalah tabung tipis yang melekat pada usus besar Anda. Pada apendisitis , apendiks membengkak.

Kondisi ini mempengaruhi lebih dari 5 persen orang. Kebanyakan orang yang menderita radang usus buntu berusia remaja atau 20-an.

Nyeri usus buntu dimulai tiba-tiba dan bisa parah. Biasanya berpusat di bagian kanan bawah perut Anda. Atau, rasa sakit dapat mulai di sekitar pusar Anda dan bermigrasi ke perut kanan bawah Anda. Semakin buruk saat Anda bernapas dalam, batuk, atau bersin.

Gejala lain termasuk:

mual
muntah
kehilangan nafsu makan
demam ringan
sembelit atau diare
pembengkakan perut

5. Batu ginjal atau infeksi
Batu ginjal terbentuk ketika mineral seperti kalsium atau asam urat menggumpal dalam urin Anda dan membuat batu keras. Batu ginjal biasanya lebih sering terjadi pada pria daripada wanita.

Kebanyakan batu ginjal tidak menimbulkan gejala sampai mereka mulai bergerak melalui ureter (tabung kecil yang membawa urin dari ginjal ke kandung kemih). Karena tabung kecil dan tidak fleksibel, mereka tidak dapat meregang untuk memindahkan batu, dan ini menyebabkan rasa sakit.

Kedua, tabung bereaksi terhadap batu dengan menjepit pada batu mencoba memerasnya yang menyebabkan kejang yang menyakitkan.

Ketiga, jika batu menghalangi aliran urin, ia dapat kembali ke ginjal menyebabkan tekanan dan rasa sakit. Nyeri ini bisa parah.

Rasa sakit biasanya dimulai di sisi dan punggung Anda, tetapi bisa menjalar ke perut dan pangkal paha Anda. Anda juga bisa merasakan sakit saat buang air kecil. Nyeri batu ginjal datang dalam gelombang yang semakin intens dan kemudian memudar.

Sebuah infeksi ginjal dapat berkembang jika bakteri masuk ke ginjal. Ini juga bisa menyebabkan rasa sakit di punggung, samping, perut bagian bawah, dan selangkangan. Terkadang penderita batu ginjal juga mengalami infeksi ginjal.

Gejala lain dari batu ginjal atau infeksi termasuk:

darah dalam urin Anda, yang mungkin berwarna merah muda, merah, atau cokelat
urin keruh atau berbau
kebutuhan untuk buang air kecil lebih sering dari biasanya
kebutuhan mendesak untuk buang air kecil
terbakar atau sakit saat Anda buang air kecil
mual
muntah
demam
panas dingin

6. Sistitis
Sistitis adalah peradangan kandung kemih yang biasanya disebabkan oleh infeksi saluran kemih. Ini menyebabkan rasa sakit atau tekanan di panggul dan perut bagian bawah.

Gejala lain termasuk:

keinginan kuat untuk buang air kecil
terbakar atau sakit saat Anda buang air kecil
buang air kecil sedikit demi sedikit
darah dalam urin
urin berawan atau berbau kuat
demam ringan
7. Irritable bowel syndrome (IBS)
IBS adalah suatu kondisi yang menyebabkan gejala-gejala usus seperti kram. Ini tidak sama dengan penyakit radang usus , yang menyebabkan radang jangka panjang pada saluran pencernaan.

Sekitar 12 persen orang dewasa Amerika telah didiagnosis menderita IBS. IBS mempengaruhi sekitar dua kali lebih banyak wanita daripada pria, dan biasanya dimulai sebelum usia 50 tahun.

Nyeri perut dan kram IBS biasanya membaik ketika Anda buang air besar.

Gejala IBS lainnya termasuk:

kembung
gas
diare
sembelit
lendir di bangku
8. Jebakan saraf pudendal
Saraf pudenda memasok perasaan ke alat kelamin, anus, dan uretra Anda. Cidera, pembedahan, atau pertumbuhan dapat memberi tekanan pada saraf ini di daerah di mana ia memasuki atau meninggalkan panggul.

Jebakan saraf pudendal menyebabkan nyeri saraf. Ini terasa seperti sengatan listrik atau nyeri yang dalam pada alat kelamin, area antara alat kelamin dan dubur (perineum), dan sekitar dubur. Rasa sakit bertambah buruk saat Anda duduk, dan membaik saat Anda berdiri atau berbaring.

Gejala lain termasuk:

kesulitan memulai aliran urin
sering perlu atau mendesak untuk buang air kecil
sembelit
buang air besar yang menyakitkan
mati rasa pada penis dan skrotum (pada pria) atau vulva (pada wanita)
kesulitan ereksi (pada pria)
9. Adhesi
Adhesi adalah pita jaringan seperti bekas luka yang membuat organ dan jaringan di perut Anda tetap bersatu. Anda bisa mendapatkan perlengketan setelah menjalani operasi di perut Anda. Sekitar 93 persen orang yang menjalani operasi perut mengembangkan adhesi sesudahnya.

Adhesi tidak selalu menyebabkan gejala. Ketika mereka melakukannya, sakit perut adalah yang paling umum. Sensasi dan rasa sakit yang tajam sering dilaporkan.

Walaupun adhesi biasanya tidak menyebabkan masalah, jika usus Anda menjadi macet dan tersumbat, Anda bisa mengalami sakit perut yang parah atau gejala-gejala seperti ini:

mual
muntah
perut bengkak
sembelit
suara keras di perut Anda
Temui dokter Anda segera jika Anda memiliki gejala-gejala ini.

Kondisi itu hanya memengaruhi wanita
Beberapa penyebab nyeri panggul hanya memengaruhi wanita.

10. Nyeri tengah
Mittelschmerz adalah kata Jerman untuk “nyeri tengah.” Ini adalah rasa sakit di perut bagian bawah dan panggul yang didapat beberapa wanita ketika mereka berovulasi. Ovulasi adalah pelepasan sel telur dari tuba falopi yang terjadi di pertengahan siklus menstruasi Anda - karena itu kata "tengah".

Rasa sakit yang Anda rasakan dari mittelschmerz:

ada di sisi perut Anda tempat telur dilepaskan
bisa terasa tajam, atau seperti kram dan tumpul
berlangsung selama beberapa menit hingga beberapa jam
dapat beralih sisi setiap bulan, atau berada di sisi yang sama selama beberapa bulan berturut-turut
Anda juga bisa mengalami pendarahan atau keputihan vagina yang tidak terduga.

Mittelschmerz biasanya tidak serius, tetapi beri tahu dokter jika rasa sakitnya tidak hilang, atau jika Anda demam atau mual.

11. Sindrom pramenstruasi (PMS) dan kram menstruasi
Kebanyakan wanita mengalami kram di perut bagian bawah sesaat sebelum dan selama periode menstruasi bulanan mereka. Ketidaknyamanan berasal dari perubahan hormon, dan dari rahim yang berkontraksi saat mendorong keluar lapisan rahim.

Biasanya kram ringan, tetapi kadang-kadang bisa terasa sakit. Periode menyakitkan disebut dismenore. Sekitar 10 persen wanita memiliki rasa sakit yang cukup parah sehingga mengganggu kehidupan sehari-hari mereka.

Seiring dengan kram, Anda mungkin memiliki gejala seperti ini sebelum atau selama menstruasi:

payudara yang sakit
kembung
perubahan suasana hati
mengidam makanan
sifat lekas marah
kelelahan
mual
muntah
diare
sakit kepala
12. Kehamilan ektopik
Sebuah kehamilan ektopik terjadi ketika telur yang dibuahi tumbuh di luar rahim - biasanya di saluran tuba. Ketika telur tumbuh, itu dapat menyebabkan tuba falopi pecah, yang bisa mengancam jiwa. Antara 1 dan 2 persen dari semua kehamilan di Amerika Serikat adalah kehamilan ektopik.

Rasa sakit akibat kehamilan ektopik datang dengan cepat dan bisa terasa tajam atau menusuk. Mungkin hanya di satu sisi panggul Anda. Rasa sakit bisa datang dalam gelombang.

Gejala lain termasuk:

perdarahan vagina antar periode
rasa sakit di punggung bagian bawah atau bahu
kelemahan
pusing
Panggil dokter kandungan-kandungan Anda jika Anda memiliki gejala-gejala ini. Kehamilan ektopik adalah keadaan darurat medis.

13. Keguguran
Sebuah keguguran mengacu pada hilangnya bayi sebelum minggu ke-20 kehamilan. Sekitar 10 hingga 15 persen kehamilan yang diketahui berakhir dengan keguguran. Bahkan lebih banyak wanita mungkin keguguran sebelum mereka sadar sedang hamil.

Kram atau sakit parah di perut Anda adalah salah satu tanda keguguran. Anda mungkin juga mengalami bercak atau pendarahan.

Gejala-gejala ini tidak berarti Anda pasti mengalami keguguran. Namun, mereka layak dilaporkan ke dokter Anda sehingga Anda dapat diperiksa.

14. Penyakit radang panggul (PID)
PID adalah infeksi pada saluran reproduksi wanita. Itu dimulai ketika bakteri masuk ke dalam vagina dan melakukan perjalanan ke ovarium, saluran tuba, atau organ reproduksi lainnya.

PID biasanya disebabkan oleh IMS seperti gonore atau klamidia. Sekitar 5 persen wanita di Amerika Serikat mendapatkan PID di beberapa titik.

Rasa sakit dari PID berpusat di perut bagian bawah. Itu bisa terasa empuk atau pegal. Gejala lain termasuk:

keputihan
perdarahan vagina abnormal
demam
rasa sakit saat berhubungan seks
buang air kecil yang menyakitkan
sering perlu buang air kecil
Temui dokter Anda jika Anda memiliki gejala-gejala ini. Jika tidak diobati, PID dapat menyebabkan kemandulan .

15. Pecahnya kista ovarium atau torsi
Kista adalah kantung berisi cairan yang dapat terbentuk di indung telur Anda. Kebanyakan wanita mendapatkan kista, tetapi mereka biasanya tidak menimbulkan masalah atau gejala. Namun, jika kista melintir atau pecah (pecah), itu dapat menyebabkan sakit di perut bagian bawah Anda pada sisi yang sama dengan kista. Rasa sakitnya bisa tajam atau tumpul, dan mungkin datang dan pergi.

Gejala-gejala lain dari suatu kista termasuk:

Perasaan kenyang di perut Anda
sakit di punggung bagian bawah
rasa sakit saat berhubungan seks
kenaikan berat badan yang tidak bisa dijelaskan
rasa sakit selama haid Anda
perdarahan vagina abnormal
kebutuhan untuk buang air kecil lebih sering dari biasanya
kembung
demam
muntah
Temui dokter segera jika rasa sakit di panggul Anda parah, atau Anda juga demam.

16. Fibroid uterus
Fibroid rahim adalah pertumbuhan di dinding rahim. Mereka umum selama tahun-tahun reproduksi wanita, mereka biasanya tidak kanker.

Fibroid dapat memiliki ukuran mulai dari biji kecil hingga benjolan besar yang membuat perut Anda tumbuh. Seringkali, fibroid tidak menyebabkan gejala apa pun. Fibroid yang lebih besar dapat menyebabkan tekanan atau nyeri pada panggul.

Gejala lain termasuk:

perdarahan hebat selama haid
periode yang berlangsung lebih dari seminggu
Perasaan kenyang atau bengkak di perut bagian bawah
sakit punggung
sering perlu buang air kecil
rasa sakit saat berhubungan seks
kesulitan mengosongkan kandung kemih Anda sepenuhnya
sembelit
17. Endometriosis
Pada endometriosis , jaringan yang biasanya melapisi rahim Anda tumbuh di bagian lain panggul Anda. Setiap bulan, jaringan itu menebal dan mencoba meluruh, seperti yang akan terjadi di dalam rahim. Tetapi jaringan di luar rahim Anda tidak memiliki tempat lain, menyebabkan rasa sakit dan gejala lainnya.

Lebih dari 11 persen wanita berusia antara 15 dan 44 tahun mengembangkan endometriosis. Kondisi ini paling umum pada wanita yang berusia 30-an dan 40-an.

Endometriosis menyebabkan nyeri panggul sebelum dan selama haid. Rasa sakitnya bisa parah. Anda juga mungkin merasakan sakit saat buang air kecil atau berhubungan seks.

Gejala lain termasuk:

pendarahan berat
kelelahan
diare
sembelit
mual
18. Sindrom kemacetan panggul (PCS)
Pada PCS, varises berkembang di sekitar ovarium Anda. Vena ropy yang tebal ini mirip dengan varises yang terbentuk di kaki. Katup yang biasanya menjaga aliran darah ke arah yang benar melalui vena tidak lagi berfungsi. Ini menyebabkan darah untuk kembali ke pembuluh darah Anda, yang membengkak.

Pria juga dapat mengembangkan varises di pelvis mereka, tetapi kondisi ini jauh lebih umum pada wanita.

Nyeri panggul adalah gejala utama PCS. Rasa sakitnya bisa terasa tumpul atau pegal. Sering kali akan semakin buruk di siang hari, terutama jika Anda sudah sering duduk atau berdiri. Anda juga dapat merasakan sakit dengan seks dan sekitar waktu menstruasi Anda.

Gejala lain termasuk:

diare
sembelit
varises di paha Anda
kesulitan mengontrol buang air kecil
19. Prolaps organ panggul
Organ panggul wanita tetap di tempatnya berkat tempat tidur gantung otot dan jaringan lain yang mendukungnya. Karena persalinan dan usia, otot-otot ini dapat melemah dan memungkinkan kandung kemih, rahim , dan dubur jatuh ke dalam vagina.

Prolaps organ panggul dapat memengaruhi wanita di segala usia, tetapi paling sering terjadi pada wanita yang lebih tua.

Kondisi ini dapat menyebabkan perasaan tertekan atau berat di panggul Anda. Anda mungkin juga merasakan benjolan menonjol dari vagina Anda.

Kondisi itu hanya memengaruhi pria
Beberapa kondisi yang menyebabkan nyeri panggul terutama memengaruhi pria.

20. Prostatitis bakteri
Prostatitis mengacu pada peradangan dan pembengkakan kelenjar prostat. Bakterial prostatitis adalah infeksi pada kelenjar yang disebabkan oleh bakteri. Hingga seperempat pria mengalami prostatitis di beberapa titik dalam kehidupan mereka, tetapi kurang dari 10 persen dari mereka akan mengalami prostatitis bakteri.

Seiring dengan nyeri panggul, gejalanya dapat meliputi:

kebutuhan yang sering atau mendesak untuk buang air kecil
buang air kecil yang menyakitkan
ketidakmampuan untuk buang air kecil
demam
panas dingin
mual
muntah
kelelahan

Subscribe to receive free email updates: