waspada leukoplakia, kenali penyebabnya


Apa itu leukoplakia?

Leukoplakia adalah suatu kondisi di mana bercak tebal, putih atau keabu-abuan biasanya di dalam mulut Anda. Menurut Artria, merokok adalah penyebab paling umum. Tetapi iritasi lain dapat menyebabkan kondisi ini juga.

Leukoplakia ringan biasanya tidak berbahaya dan sering hilang dengan sendirinya. Kasus yang lebih serius dapat dikaitkan dengan kanker mulut dan harus segera diobati.

Perawatan gigi secara teratur dapat membantu mencegah kekambuhan.

Leukoplakia terjadi pada bagian-bagian tubuh yang memiliki jaringan mukosa, seperti mulut.

Kondisi ini ditandai oleh bercak yang tampak tidak biasa di dalam mulut Anda. Tambalan ini dapat bervariasi dalam penampilan dan mungkin memiliki fitur berikut:

  • warna putih atau abu-abu
  • tebal, keras, permukaan terangkat
  • berbulu / kabur (hanya leukoplakia berbulu)
  • bintik-bintik merah (jarang)
Kemerahan mungkin merupakan tanda kanker.
Temui dokter Anda segera jika Anda memiliki bercak-bercak merah.

Leukoplakia dapat terjadi pada gusi Anda, bagian dalam pipi Anda, di bawah atau di lidah Anda, dan bahkan di bibir Anda. Tambalan mungkin perlu beberapa minggu untuk berkembang. Mereka jarang menyakitkan.

Beberapa wanita mungkin mengembangkan leukoplakia di bagian luar alat kelamin mereka di daerah vulva serta di dalam vagina. Ini biasanya terlihat pada wanita menopause. Ini kondisi yang jinak. Jika ada kekhawatiran tentang sesuatu yang lebih serius, Anda harus menghubungi dokter Anda.

Apa penyebab leukoplakia?

Penyebab pasti leukoplakia tidak diketahui. Ini terutama terkait dengan penggunaan tembakau. Merokok adalah penyebab paling umum. Tetapi mengunyah tembakau juga dapat menyebabkan leukoplakia.

Penyebab lain termasuk:

  • cedera pada bagian dalam pipi Anda, seperti karena menggigit
  • gigi yang kasar dan tidak rata
  • gigi palsu, terutama jika tidak dipasang dengan benar
  • kondisi peradangan tubuh
  • penggunaan alkohol jangka panjang

Sementara beberapa penelitian menunjukkan mungkin ada hubungan antara leukoplakia dan human papilloma virus (HPV) , tidak ada cukup bukti untuk mendukung koneksi.

Leukoplakia berambut

Virus Epstein-Barr (EBV) adalah penyebab utama leukoplakia berambut. Setelah Anda mendapatkan virus ini, ia tetap ada di tubuh Anda secara permanen. EBV biasanya tidak aktif.

Namun, itu dapat menyebabkan bercak leukoplakia berambut untuk berkembang kapan saja. Wabah lebih sering terjadi pada orang dengan HIV atau masalah kekebalan tubuh lainnya.

Kunjungi juga:



Subscribe to receive free email updates: