Lentigo: Gejala, Penyebab, Diagnosis, dan Pengobatan


Seiring bertambahnya usia, tahun-tahun berada di bawah sinar matahari mulai bertambah. Bintik-bintik usia (juga disebut bintik-bintik hati atau lentigo matahari) adalah kumpulan pigmen yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Pigmen diendapkan sebagai respons terhadap cedera, sama seperti bekas luka lentigo adalah respons terhadap luka. Pigmen terkumpul di area yang terluka karena kulit tipis atau paparan sinar matahari yang lebih besar. Bintik-bintik penuaan juga bisa disebabkan oleh memar yang meninggalkan pigmen darah. Mereka paling umum pada orang yang berusia lebih dari 55 tahun. Bintik-bintik ini biasanya muncul di tangan, tetapi mereka dapat terjadi hampir di mana saja, terutama daerah yang terpapar sinar matahari, seperti wajah, punggung, lengan, kaki, dan bahu.

Gejala
Satu-satunya gejala adalah munculnya bintik-bintik gelap pada kulit. Mereka tidak gatal dan tidak sakit.

Diagnosa
Anda dapat mendiagnosis sendiri bintik-bintik usia berdasarkan penampilannya. Jika Anda khawatir tentang perubahan pada kulit Anda, hubungi dokter Anda. Ia dapat melakukan tes untuk menyingkirkan penyakit lain.

Durasi yang Diharapkan
Sebagian besar bintik-bintik penuaan memudar seiring waktu tetapi mungkin tidak akan hilang karena kulit telah rusak.

Perkembangan bintik-bintik penuaan adalah proses yang mirip dengan pembentukan bekas luka di mana bekas luka sering menumpuk ketika mereka membentuk dan melembut saat mereka "merombak" seiring waktu.

Pencegahan
Dengan membatasi paparan sinar matahari, Anda dapat mengurangi kemungkinan bintik-bintik penuaan. Paparan sinar matahari sebelum usia 20 tahun adalah faktor utama yang menentukan bagaimana kulit Anda nantinya. Jika Anda sudah memiliki bintik-bintik penuaan, membatasi paparan sinar matahari dapat membantu mencegahnya membesar atau menjadi gelap.

Untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari, kenakan baju lengan panjang, celana, dan topi. Gunakan tabir surya jika Anda akan berada di luar selama lebih dari beberapa menit. Hindari berjemur di siang hari (10 pagi sampai 3 sore), saat sinar matahari paling intens.

Pengobatan
Bercak usia tidak perlu diobati. Jika Anda menginginkan terapi kosmetik, dokter kulit mungkin dapat meresepkan obat untuk meringankan bintik-bintik atau menawarkan beberapa bentuk terapi lainnya.

Kapan Menghubungi Dokter Artria di Klinik
Jika Anda khawatir tentang perubahan pada kulit Anda, hubungi dokter Anda untuk rekam medis. Ia dapat mengesampingkan kanker atau kondisi medis mendasar lainnya.

Subscribe to receive free email updates: